Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris Sederhana Untuk Anak-Anak Yatim di Yayasan Al Mugni Indonesia
Abstract
Program pendampingan masyarakat ini diberikan dalam bentuk pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa usia SD dan SMP. Mitra yang dipilih adalah Yayasan Al Mugni Indonesia milik swasta di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Tujuan dari program pendampingan ini untuk memotivasi siswa agar menyukai pembelajaran Bahasa Inggris melalui lagu buatan sederhana untuk memperkaya penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Ada 15 anak yatim laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 7 sampai 13 tahun yang mengikuti kegiatan tersebut. Lagu yang diajarkan berjudul “To Be Strong” yang terdiri dari dua bait mengenai kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan pelaksanaan, mereka sangat gembira dan antusias untuk bernyanyi bersama teman-temannya. Pada awalnya, mereka masih malu-malu untuk bernyanyi karena ini merupakan pengalaman pertama bernyanyi dalam bahasa Inggris diiringi oleh musik dan gerak. Kegiatan pendampingan pembelajaran lagu Bahasa Inggris sederhana sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga siswa dapat mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Selain itu, melalui kegiatan bernyanyi bersama dapat menambah keakraban di antara pendamping dan anak-anak agar hasil pembelajaran Bahasa Asing yang diperoleh menjadi lebih maksimal.
Downloads
Published
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2023 Danti Pudjiati, Tira Nur Fitria, Vera Yulia Harmayanthi, Venti Mawarni
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.