Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris Sederhana Untuk Anak-Anak Yatim di Yayasan Al Mugni Indonesia

Authors

  • Danti Pudjiati STKIP Kusuma Negara, Jakarta
  • Tira Nur Fitria Institut Teknologi Bisnis AAS Indonesia
  • Vera Yulia Harmayanthi STKIP Kusuma Negara, Jakarta
  • Venti Mawarni STKIP Kusuma Negara, Jakarta

Abstract

Program pendampingan masyarakat ini diberikan dalam bentuk pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa usia SD dan SMP. Mitra yang dipilih adalah Yayasan Al Mugni Indonesia milik swasta di wilayah Bekasi, Jawa Barat. Tujuan dari program pendampingan ini untuk memotivasi siswa agar menyukai pembelajaran Bahasa Inggris melalui lagu buatan sederhana untuk memperkaya penguasaan kosakata Bahasa Inggris. Ada 15 anak yatim laki-laki dan perempuan dengan rentang usia 7 sampai 13 tahun yang mengikuti kegiatan tersebut. Lagu yang diajarkan berjudul “To Be Strong” yang terdiri dari dua bait mengenai kehidupan sehari-hari. Pada kegiatan pelaksanaan, mereka sangat gembira dan antusias untuk bernyanyi bersama teman-temannya. Pada awalnya, mereka masih malu-malu untuk bernyanyi karena ini merupakan pengalaman pertama bernyanyi dalam bahasa Inggris diiringi oleh musik dan gerak. Kegiatan pendampingan pembelajaran lagu Bahasa Inggris sederhana sebaiknya dilakukan secara rutin sehingga siswa dapat mempelajari kosakata Bahasa Inggris. Selain itu, melalui kegiatan bernyanyi bersama dapat menambah keakraban di antara pendamping dan anak-anak agar hasil pembelajaran Bahasa Asing yang diperoleh menjadi lebih maksimal.

Downloads

Published

08-07-2023

How to Cite

Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Melalui Lagu Bahasa Inggris Sederhana Untuk Anak-Anak Yatim di Yayasan Al Mugni Indonesia. (2023). Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 14-22. https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/88