Pelatihan Guru Dalam Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Di Kelas Pada Smk Bina Sriwijaya Palembang Untuk Meningkatkan Kompetensi Guru
Keywords:
Kompetensi Guru, Siswa, Sekola Menengah Kejuruan, Partisipasi SiswaAbstract
Kemajuan teknologi saat ini mempengaruhi generasi secara besar-besaran menjadi adaptasi besar yang harus dihadapi guru. Generasi baru dengan karakteristik berbeda akibat pengaruh lingkungan akan menantang guru untu meningkatkan daya saingnya hingga batasnya. Oleh karena itu, guru harus meningkatkan pengetahuan dan persaingan dalam penyelenggaraan pendidikan. Pelatihan bagi guru ini diberikan melalui seminar interaktif, FGD, dan metode praktik. Seluruh proses Pengabdian kempada masyarakat tersebut dilakukan di SMK Bina Sriwijaya Palembang, dilaksanakan selama dua hari dengan tema berbeda namun saling terkait. Peserta menunjukkan antusiasme yang sangat tinggi selama kegiatan berlangsung dan menceritakan pengalamannya sendiri di kelas. Hal ini menunjukkan bahwa peserta termotivasi untuk mengetahui lebih jauh materi dan kasus di lingkungan sekolahnya yang dapat menjadi tolak ukur keberhasilan pelaksanaan program. Pelatihan ini merupakan kegiatan awal pendidikan tahap awal dan memerlukan rencana tindak lanjut untuk mengurangi realisasi kegiatan yang dapat dilakukan langsung di kelas bersama siswa. Dari hasil Pengabdian kepada masyarakat maka dapat di tarik kesimpulan bahwa dari 50 peserta 41 orang atau 82% sangat setuju dengan adanya Pelatihan pengabdian ini dan 9 orang atau 12% setuju dan 0 orang atau 0% yang tidak setuju. Melalui kegiatan pengabdian ini, kami berharap untuk keberhasilan pelatihan tersebut sehingga meningkatkan dan memberi efek baik kepada guru yang telah mengikuti pelatihan ini sehingga peserta dapat mengimplementasikan materi yang sudah di berikan dan menghasilkan guru yang memiliki kompetensi untuk meningkatkan partisipasi belajar siswa di kelas.
Downloads
Published
Issue
Section
Categories
License
Copyright (c) 2024 Asiawatie Sulastri, Arief Rahman Hakim, Zet Abdullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.