Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Generasi Profil Pelajar Pancasila

Authors

  • Ray Suryadi universitas sembilanbelas november kolaka
  • Agus Nasir Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Syarifuddin Tundreng Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Rais Abin Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • La Ode Muhammad Idrus Hamid Basri Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Lina Anisah Universitas Sembilanbelas November Kolaka
  • Netty Huzniati Andas Universitas Sembilanbelas November Kolaka

Keywords:

Kepemimpinan Kepala Sekolah, Profil Pelajar Pancasila

Abstract

Sebagai seorang pemimpin, kepala sekolah memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan visi, misi, dan tujuan sekolah. Sebagai pemimpin satuan pendidikan, kepala sekolah memainkan beberapa peran, antara lain peran manajerial, motivator, fasilitator, administrator. Kepala sekolah juga memiliki tanggung jawab dalam memberikan pengajaran, dorongan, dan arahan kepada komunitas sekolah untuk mewujudkan konsep merdeka belajar. Hal ini diimplementasikan melalui program Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Profil Pelajar Pancasila terdiri dari enam aspek, yaitu beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa serta berakhlak mulia, bernalar kritis, bergotong-royong, mandiri, kreatif, dan berkebhinekaan global. Semua aspek ini diintegrasikan dalam proses pembelajaran dan kegiatan kokurikuler di sekolah. Dengan demikian, profil pelajar pancasila bertujuan untuk menghasilkan generasi yang unggul. Para siswa akan memiliki perilaku dan keterampilan yang didasarkan pada nilai-nilai Pancasila, sehingga mereka mampu bersaing secara sehat dan bermartabat dalam kehidupan saat ini dan di masa depan

Downloads

Published

16-07-2023

How to Cite

Efektivitas Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Mewujudkan Generasi Profil Pelajar Pancasila. (2023). Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 47-55. https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/92