Inovasi Game Mahabrata Indonesia (Menjelajah Asik Bersama Peta Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • Rama Yudha Dumbela Universitas Negeri Manado
  • Andri Nurahman Universitas Negeri Manado
  • Alim Yunus Universitas Negeri Manado
  • Sri Meilinda Ntou Universitas Negeri Manado
  • Rifaldo Latando Universitas Negeri Manado
  • Indry Rante Universitas Negeri Manado
  • Giovanni Mamengko Universitas Negeri Manado

Abstract

 

Perkara mendasar tentang krisis karakter yang terjadi pada generasi penerus bangsa, tampaknya belum kunjung surut, begitu juga penyelesaianya tak kunjung menemukan titik temu. Fenomena ini tidak dapat dihindari karena adanya pengaruh globalisasi yang berdampak pada generasi bangsa yang mengalami krisis identitas. Hal ini bisa dibuktikan dari beragam fakta yang menunjukkan tentang karakter anak bangsa yang kian jauh dari identitas bangsa Indonesia. Sehingga peran pendidikan sangat dibutuhkan untuk mencegah dan menangani hal tersebut. Institusi pendidikan masih diyakini mampu menjadi intrumen utama dalam membentuk karakter bangsa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah meningkatkan wawasan kebangsaan yang bisa dimulai dari lingkungan sekolah dasar. Melalui beragam inovasi pembelajaran seperti media pembelajaran interaktif. Untuk mengetahui hal tersebut, penulis menggunakan metode kepustakaan (library research) yang diperoleh melalui buku, artikel, karya ilmiah dan jurnal yang relevan dengan pembahasan masalah. Hasil temuan karya tulis ini adalah 1). Media pembelajaran tematik berbasis game MAHABRATA INDONESIA merupakan media interkatif yang dapat memberi pengalaman langsung bagi siswa. 2). Sintak pembelajaran tematik ini dapat dilakukan pada kelas IV SD pada tema indahnya keberagaman di Negeriku terutama pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila. 3). Dampak langsung yang bisa diperoleh dari penerapan pembelajaran tematik berbas game MAHABRATA INDONESIA adalah tumbuhnya wawasan kebangsa siswa yang terdiri dari aspek filsafat pancasila, sosial budaya, kewilayahan Nusantara dan aspek historis. Sedangkan dampak pengiring yang bisa ditimbulkan adalah tumbuhnya karakter cinta damai, cinta tanah air, toleransi, jujur, kerja keras, rasa ingin tahu, mandiri dan peduli sosial.

Downloads

Published

25-06-2024

How to Cite

Inovasi Game Mahabrata Indonesia (Menjelajah Asik Bersama Peta Indonesia) Sebagai Media Pembelajaran Untuk Menumbuhkan Wawasan Kebangsaan Siswa di Sekolah Dasar. (2024). Benua Etam: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 51-58. https://ta.pbi.umkt.ac.id/index.php/etam/article/view/117